Free Fire VS PUBG Mobile, Mana Game Terbaik?


Free Fire VS PUBG Mobile, Mana Game Terbaik?

Game battle royal mana yang terbaik antara PUBG Mobile (Tencent) atau Free Fire (Garena)? Berikut akan kita bahas bersama menurut pandangan admin Game Today sebagai pemain kedua game ini.

Setiap game pasti memiliki kekurangan dan kelebihan yang harus diterima oleh para player game tersebut. Disini admin akan memberikan penilaian antara game Free Fire VS PUBG Mobile dalam beberapa poin penilaian.

Itulah beberapa poin yang akan menjadi penilaian admin dalam membandingkan antara game PUBG Mobile dengan Free Fire, silahkan baca dibawah.


1. Gameplay

Walaupun game Free Fire dan PUBG Mobile adalah game yang bertema Battle Royal, namun ada perbedaan diantara keduanya yang sangat mencolok. Perbedaan tersebut berada pada jumlah player yang memasuki area pertempuran.

Pada game PUBG Mobile, jumlah player yang memasuki arena ada 100 orang (termaksud anda) walaupun kita akan sering mendengar kata "player bot" di game PUBG Mobile ini.

Player bot adalah player NPC namun mampu memberikan damage kepada player, berbeda dengan game MMORPG yang dimana NPC bergerak monoton dan tidak memberikan damage kepada player karena mereka hanya bertugas untuk menuntun ataupun menjual item pada player.

Dalam game Free Fire, player yang memasuki arena pertempuran hanya 50 orang (termaksud anda) yang dimana jumlah ini setengah dari player PUBG Mobile. Namun kalian akan jarang sekali menemukan "player bot" dalam game ini.

######

Jumlah player tersebut diatur karena luas map pada game Free Fire tidak seluas map pada game PUBG Mobile, hal ini ditujukan agar para player tidak terlalu sering berhadapan saat awal pertandingan (karena para player harus melakukan looting senjata terlebih dahulu).

Untuk gameplay, Free Fire masih menang dengan strategi yang mereka gunakan untuk menutupi kekurangan yang ada pada game tersebut (luas map yang lebih kecil).


2. Fitur Dalam Game

Fitur dalam game menjadi penilaian penting bagi para user/player game tersebut, dalam game battle royal yang biasanya akan sangat terlihat itu adalah arena, item, dan event yang ada di dalam game tersebut.

a. Arena

Arena pertandingan (Map) menjadi faktor yang membuat game tersebut tidak membosankan, bayangkan saja seorang player yang memainkan 10 kali pertandingan di map yang sama, pasti akan sangat membosankan.

Seperti yang kita ketahui jika PUBG Mobile menyediakan banyak map yang bisa dipilih sesuai keinginan dan setiap map memiliki tingkat kesulitannya sendiri yang membuat para player tidak menemukan kebosanan saat memainkan game ini.

Namun berbeda dengan Free Fire yang hanya memiliki 1 map. Banyak yang tidak tau jika sebenarnya 1 map dalam game FF ini selalu mendapatkan update untuk beberapa lokasi seperti pada mini map Bermuda yang kini berubah menjadi Bermuda 2.0 (Two Point Zero) yang muncul pada update Free Fire OB23 yang dimana banyak perubahan dalam bentuk bangunan yang ada dalam mini map bagian Bermuda.

Namun apakah update dari game FF dapat menyaingi keseruan player dalam memilih map di PUBG Mobile? Jawabannya tidak, sebab update pada satu map Free Fire tidak akan membuat para player mendapatkan keseruan dari beragam pilihan map seperti di PUBG Mobile.

#####

b. Item

Item game merupakan sebuah daya tarik yang sangat penting bagi para player, terutama player sultan yang sering mengkoleksi item-item yang ada dalam game.

Item yang dimaksudkan adalah semua benda yang bisa di dapatkan di dalam game baik secara gratis ataupun berbayar. Contoh item adalah seperti kostum, skin (senjata, kendaraan ataupun skin kostum), efek, dan pet (seperti dalam game FF).

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa game Free Fire memiliki jumlah item yang lebih banyak ketimbang game PUBG Mobile. Kelebihan lain dari game Free Fire adalah pilihan top up yang beragam sehingga membuat para player bisa menyesuaikan kemampuan dompet mereka dengan harga top up game ini. Harga top up harus disesuaikan juga dengan harga item yang di jual, dan kita tau bersama bahwa harga item di game PUBG Mobile itu lumayan mahal-mahal.

Untuk poin item, game Free Fire masih lebih unggul dibandingkan PUBG Mobile. Kelebihan game FF yang tidak akan kalian temukan di PUBG Mobile adalah adanya item Pet yang menemani para player saat memasuki arena pertempuran.

Skin beragam dengan tampilan yang keren akan kalian jumpai di game Free Fire namun tidak akan kalian jumpai di PUBG Mobile.

c. Event

Untuk jumlah event, kemenangan masih ada di tangan game Free Fire dari Garena.

Kalian bisa melihatnya sendiri dengan cara mengetik "event archives ...... (Nama game)" dan melihat beragam event dari tahun ke tahun.

Memang Free Fire merupakan game yang sangat royal bagi para player nya, terbukti dari seringnya mereka mengadakan event yang membagikan skin gratis kepada para player.

PUBG Mobile juga sering mengadakan event yang berhadiah skin, namun sebagian besar hadiah skin dalam event PUBG Mobile bersifat non-permanen (memiliki jangka waktu penggunaan). Hal ini membuat game PUBG terkesan sebagai game pelit.


3. Tournament Event

Turnamen game biasanya diadakan untuk memperkenalkan game tersebut ke publik, hal ini juga dapat menarik minat dari para player ataupun non-player untuk memainkan game yang mengadakan turnamen tersebut.

Dari turnamen juga banyak nama-nama gamer terkenal lahir karena mewakili tim e-sport mereka.

Jika saya tanya kepada kalian semua, antara Free Fire dengan PUBG Mobile mana yang paling sering mengadakan even turnamen? Jawabannya sudah pasti PUBG Mobile.

Turnamen bukan hanya di adakan oleh para developer game tersebut, namun juga ada pihak-pihak yang mengadakan turnamen untuk kepentingan tertentu (perlombaan 17 Agustus hingga pesta politik). 

Sebelum mereka memilih game apa yang dipertandingkan, mereka terlebih dahulu mensurvei game mana yang memiliki lebih banyak peminat. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa turnamen PUBG Mobile lebih sering diadakan dari pada game Free Fire karena jumlah player yang lebih banyak.


4. Grafik Game

Dari segi grafik kita akan menemukan perbedaan setting yang dimana PUBG Mobile memberikan banyak opsi grafik yang bisa disesuaikan dengan smartphone para player. Namun sisi negatifnya adalah tidak semua spek smartphone bisa menggunakan tingkat grafik yang tinggi dalam game PUBG Mobile, hal ini menciptakan ketimpangan antara pemilik smartphone spek rendah dengan pemilik smartphone spek tinggi.

Sedangkan dalam Free Fire opsi yang diberikan tidak terlalu banyak seperti PUBG Mobile, namun perbedaan yang menarik adalah settingan untuk spek tinggi bisa digunakan oleh semua smartphone, walaupun akhirnya ada peringatan namun tetap bisa diabaikan. Hal ini membuat ketimpangan antara pemilik smartphone yang berbeda spek terlihat, walaupun pada akhirannya akan terlihat juga dari segi ketahanan baterai dan kualitas gameplay.

Mungkin banyak yang tidak sadar bahwa ketimpangan antara pemilik smartphone dengan spek berbeda ini menciptakan lahirnya rasisme dalam perekonomian. Hal ini membuat banyaknya player game yang belum memiliki penghasilan memaksakan sumber keuangan mereka untuk membelikan smartphone yang mumpuni dengan grafik game PUBG Mobile.

Contoh simpelnya adalah seorang anak yang memaksakan orang tuanya untuk membelikannya smartphone yang memiliki spek lebih tinggi agar bisa diterima dikalangan sosialnya.

Untuk penilaian grafik game, admin menilai bahwa game PUBG Mobile masih menang walaupun memiliki sisi negatif yang lebih banyak dari pada game Free Fire.


5. Kontrol Game

Dalam pengaturan keymap, kedua game telah memilikinya yang bisa di akses oleh para player di bagian pengaturan. Hal ini sangat penting demi kenyamanan para player dalam menggerakkan karakter mereka.

Pergerakan player dalam game Free Fire terkesan sangat kaku tidak seperti game PUBG yang dimana para player bergerak luwes (mudah diatur).

Untuk pengaturan sensitivitas, PUBG Mobile dan Free Fire sudah memiliki settingan tersebut yang dapat di akses pada pengaturan game (pada bagian kontrol).


6. Kestabilan Sinyal

Untuk kualitas sinyal pada dasarnya ditentukan oleh provider kartu kalian, namun beberapa developer game seperti Moonton yang mengakali stabilitas sinyal internet dalam game Mobile Legends: Bang Bang dengan beberapa settingan di pengaturan.

Sejauh pengetahuan admin, game PUBG Mobile dan Free Fire belum mengembangkan strategi yang sama dalam menstabilkan sinyal seperti yang dilakukan oleh pihak Moonton dalam game Mobile Legends: Bang Bang mereka.

Kestabilan sinyal bukanlah sesuatu yang bisa diabaikan oleh para developer karena hal ini dapat sangat mengganggu interface dalam gameplay. Game akan menjadi sangat tidak menyenangkan ketika anda bermain yang bergerak patah-patah karena kualitas sinyal yang buruk.

Kita tidak bisa menyalahkan 100 persen kepada para developer, mungkin kesalahan akan lebih dijatuhkan kepada para perusahaan provider yang menyediakan kualitas internet yang buruk terutama untuk daerah diluar jawa.

Oh iya, buat kalian yang belum paham, provider internet adalah perusahaan atau badan yang menyediakan layanan internet atau yang lebih sering di sebut PJI (Penyedia Jasa Internet). Beberapa PJI yang terkenal di Indonesia adalah PT Telkomsel Indonesia, Indosat, MNC, First Media, dan beberapa lainnya.


7. Pamor Game Di Indonesia

Berdasarkan data yang admin dapatkan, data trend 3 bulan terakhir antara game PUBG dengan Free Fire masih dimenangkan oleh game Free Fire dari Garena dengan rincian seperti dibawah ini,

Data Trend Perbandingan Antara PUBG Dengan Free Fire Dalam 3 Bulan Terakhir
Data Trend

Jika kalian masih meragukan data tersebut karena tanggal postingan tidak sesuai dengan tanggal saat anda membaca tulisan ini, silahkan klik "Data Trend Perbandingan Antara PUBG Dengan Free Fire Dalam 3 Bulan Terakhir" agar lebih akurat.


8. Kesimpulan Penilaian

Kita masuk ke bagian kesimpulan yang dimana ini adalah rangkuman dari semua penilaian di atas.

a. PUBG Mobile

Secara keseluruhan game PUBG Mobile sudah cukup baik untuk seukuran game battle royal versi mobile, namun kualitas grafik yang tidak ramah terhadap smartphone kelas bawah dan menengah yang membuat banyak orang yang tidak bisa memainkan game ini atau bahkan bisa memainkan game ini tapi tidak sampai ketingkat kepuasan yang sesuai dikarenakan grafik yang di dapat tidak sesuai ekspektasi.

Harga-harga item yang ditawarkan tidak dikhususkan untuk para player yang bermain tanpa ingin mengeluarkan uang untuk top up. Terlalu sedikit item yang bisa dibeli dengan menggunakan battle poin yang di dapat gratis, hal ini membuat Tencent sangat pelit terhadap para user game mereka.

Untuk kontrol dan gameplay, game ini sudah sangat baik karena menyediakan beragam pilihan lokasi (map) yang membuat para player tidak bosan.

Kontrol yang bisa di atur membuat kenyamanan para player bertambah. Banyaknya mode pertandingan yang ada dalam game ini juga membuatnya tidak menjadi game yang monoton (membosankan), mulai dari team mach, zombie event, dst.

b. Free Fire

Walaupun game ini masih memiliki banyak kekurangan, namun developer game Free Fire selalu mencoba mengadakan peningkatan terhadap game mereka.

Admin merasa memang game ini ditujukan kepada player usia 18 tahun kebawah dengan menyesuaikan grafik yang hampir dekat dengan game Grand Theft Auto (GTA) di console PlayStation 2 yang sangat terkenal pada jamannya.

Walaupun banyak yang mengatakan game Free Fire adalah game burik karena kualitas grafik gamenya, namun hal ini merupakan sebuah ciri khas dari game ini. Karena grafik yang dikatakan burik inilah yang membuat game ini dapat berjalan baik di semua kelas smartphone yang membuat tidak adanya ketimpangan antar pengguna smartphone kelas atas dan bawah.

Promosi yang dilakukan Garena untuk membesarkan nama produk mereka dengan menjadi sponsor di beragam event tidak lah sia-sia, ini dibuktikan dengan suksesnya nama Free Fire menjadi game yang mengalahkan PUBG Mobile dalam trend yang bisa kalian liat diatas.

c. Hasil Akhir

Untuk kualitas dan gameplay masih dipegang oleh PUBG Mobile namun tidak lepas dari beragam sisi negatif mereka.

Untuk brand (trend, peminat, item yang tersedia) dan tingkat kepuasan masih dimenangkan oleh Free Fire.

Semoga kedepannya kedua developer game ini bisa membuat game mereka jadi lebih baik lagi dan menutupi atau menghilangkan segala sisi negatif yang ada dalam game mereka saat ini.


Penutup

Terimakasih telah membaca tulisan ini. Tulisan ini ditujukan untuk membuka pandangan kita lebih jauh lagi agar tidak adanya kubu-kubu dari kedua game tersebut yang saling menjelek-jelekkan game yang dimainkan orang lain.

Jika kalian menyukai postingan tentang PUBG Mobile Vs Free Fire ini, admin akan sangat senang jika kalian mau membagikan tulisan ini ke sosial media milik kalian.

Referensi

  1. https://bahasgame.id/3-perbedaan-game-pubg-mobile-dan-free-fire/
  2. https://www.garena.co.id/
  3. https://tencentgames.helpshift.com/a/pubgm/

Terimakasih Telah berkunjung ke blog saya.